Infrastruktur Penerimaan CPNS 2018

Badan Kepegawaian Negara (BKN) merupakan koordinator untuk pelaksanaan penerimaan CPNS, sebagai koordinator BKN telah menyiapkan semua infrastruktur yang dibutuhkan. adapun infrastruktur yang telah disiapkan diantaranya mulai dengan proses pendaftaran secara online melalui website https://sscn.bkn.go.id, Seleksi Administrasi, seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Pada penerimaan CPNS sebelumnya yang dilakukan secara online mulai dari pendaftaran sampai dengan pengumuman kelulusan dinilai belum optimal. karena website SSCN tidak bisa atau sulit untuk diakses dikarenakan banyaknya peserta yang mengakses web SSCN. tetapi untuk penerimaan CPNS tahun 2018 BKN telah melakukan upgrading besar – besaran.


Diperkirakan sekitar 8 – 10 juta pendaftar untuk penerimaan CPNS 2018 ini. sistem Helpdesk dan pengaduan yang telah dibangun diharapkan akan lebih dilaksanakan dengan efektif, cepat, dan transparan. sistem helpdesk ini dibuat secara online dan bisa diakses di web SSCN maupun offline di kantor pusat BKN dan 14 kantor regional BKN.

Untuk pelaksanaan SKD dan SKB dilakukan dengan Computer Assisted Cat (CAT). CAT adalah suatu metode untuk melakukan seleksi CPNS dengan mengunakan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS, dengan hasil yang realtime sehingga para peserta bisa melihat langsung hasil test.

Computer Assisted Test
Computer Assisted Test

untuk lokasi penerimaan CPNS tahun 2018 akan ditempatkan di Pusat dan Daerah. untuk pelaksanaan SKD dan SKB pun ditambah dan akan berada di 34 provinsi, sehingga para peserta akan lebih fokus pada test SKD dan SKB, karena pada tahun sebelumnya para peserta mengalami kesulitan untuk pelaksaan SKD dan SKB karena jarak dan transportasi untuk melakukan SKD dan SKB ditempat regional BKN.

Sistem CAT sendiri sudah dilakukan peningkatan dan lebih mudah dipahami dengan interface yang sederhana, BKN sendiri juga bekerja sama dengan BKD/BKPSDM/BKPP diseluruh Provinsi, Kabupaten dan Kota yang memiliki fasilitas CAT. selain itu kerja sama juga dilakukan dengan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki fasilitas UKG dan UNBK

untuk pendaftar pada Penerimaan CPNS 2018 tidak dipungut biaya, untuk itu dihimbau kepada para pendaftar agar berhati hati dalam menerima informasi terkait dalam penerimaan CPNS 2018, dan jangan percaya jika ada beberapa pihak menjanjikan dapat membantu dalam penerimaan CPNS 2018

Formasi penerimaan CPNS 2018 saat ini belum diumumumkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negaran dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Diperkirakan formasi yang paling dibutuhkan adalah tenaga kesehatan dan tenaga pendidik, tetapi dalam waktu dekat akan diumumkan melalui website ini.

Please follow and like us:
0

1 thought on “Infrastruktur Penerimaan CPNS 2018

  1. Pingback:Siapkan Berkas ini untuk CPNS 2018 - Info Lowongan Kerja Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *